Senin, 07 Juli 2008

Korban saat Qurban

gila tiap taon gw pasti ngerasain hal yang sama, ga berubah ni dunia!!!

yang gw maksud disini adalah perasaan dongkol setengah mati, abisnya gw liat sesuatu yang ga seharusnya terjadi.

hari ini, hampir semua umat muslim sedunia merayakan hari raya idul adha, tapi gw ENGGAK., kenapa?? lo pasti nanya gitu khan, he he he. gw ga ngerayain idul adha taon ini karena beberapa hal. yaitu :

1. tingkat keimanan gw sedang turun drastis, kalo ga mo dibilang terjun bebas ^_^ , mengakibatkan gw ga dapet "feel" kalo saat ini lagi hari raya.
2. gw ga punya uang buat berkorban. boro2 kurban, ngerokok aja seret. sekarat euy...
3. gw ga ngerti lagi apa makna kurban sebenarnya. kalo ada yang tau, tlg ksih tau gw yach..

nah dari 3 hal diatas, poin no. 3 yang punya pengaruh paling banyak soal penyebab gw ga ngerayain.

gw mulai bingung, setau gw dari eSeDe ampe eSeMA gw diajarin bahwasanya ajaran kurban tuh dimulai waktu ALLAH menguji keimanan nabi Ibrahim dengan cara meminta nabi Ibrahim mengurbankan hartanya yg paling berharga buat ALLAH. dalam hal ini adalah anaknya, Ismail (dengan cara disembelih tentunya).,

NAh, nabi Ibrahim rela n ikhlas.ALLAH Redho, jadi pas anaknya mau disembelih, turunlah wahyu dari ALLAH yg nyuruh Ibrahim ngeganti anaknya dengan seekor domba. truz tu daging domba dibagiin, yg udah disembelih tentunya. kepada para fakir miskin, anak terlantar, janda2 tua, dan orang2 tidak mampu. Dan perintah itu tetap dilakukan sampai sekarang. bedanya yg ngelakuin bukan lagi nabi Ibrahim (udah mati juga kali,,) tapi umat islam.

kata guru gw, hal ini dilakukan selain dengan tujuan untuk menunjukkan kecintaan kepada ALLAH juga ada dampak sosial, yaitu berbagi kepada orang yg tidak mampu. agar orang lain bisa merasakan kebahagiaan yg kita rasakan. (kata ganti kita merujuk pada orang yg berkurban, bukan merujuk guru gw yg ngomong. karena setau gw dia ga mampu berkurban. gaji aja pas2an). gampangnya kita sebut memupuk jiwa sosial dan kesetiakawanan sosial nasional.

Masalah nya yg tadi gw liat ga kaya gitu.,

Di mesjid deket rumah gw, pas pembagian daging kurban, setelah hewannya dipotong tentunya. gw ngeliat ada beberapa, gw itung sekitar 13 orang ( 7 orang ibu2, 5 orang anak2, n satu orang bapak2), yang berdiri, melihat, dengan mata waspada, dan tatapan agak nanar ke arah bungkusan2 daging itu. mereka terus menunggu dan menunggu sampai seluruh daging selesai dibagikan. bahkan mereka masih menatap tempat kosong dimana bungkusan2 tadi berada.GILA..

Gw bingung, biar jelas gw tanya. Ada apa maksud dan gerangan orang2 itu ada disini. kenyataanya mengejutkan gw. mereka bilang mereka nunggu disini ngarep dapet kurban.
"lho mang ga dikasih kupon", gw nanya gitu.,
"engga mas" jawab salah seorang dari mereka.,
padahal mereka orang daerah sini juga, ga mampu pula. ko ga dikasih kupon!?
mungkin lo2 pada mikir panitia kurban, salah koordinasi. oke it's fine. wajarlah kalo gitu adanya. tapi permasalahannya bukan itu. kalo emang salah koordinasi harusnya pas mereka dateng n berharap dapet daging. panitia seharusnya bisa ngasih beberapa bungkus buat mereka. oke, oke, lo2 pada juga bisa bilang kalo mungkin aja stock daging n kupon tuch pas. tapi yg gw liat. ada beberapa, banyak malah, yang pulang tuh bawa bungkusan lebih dari 2. pake ada yg bawa pala n kaki2 segala.,
apa salahnya kalo nyisihin beberapa tuk tu orang2.,

truz, kalo begini cara. diman amakna kurban sebenarnya?? katanya kepedulian sosial, tapi ngeliat orang deket yg membutuhkan aja, ga mau. gimana bisa ngbantu orang yg jauh kalo yg deket aja ga. gimana mo ngebenahin negara kalo ngeliat ada orang susah, dibantuin aja ga. gimana coba?! sejujurnya, kecewa gw.,

ya udah, dengan hati gundah gulana gw pulang kerumah., sampe rumah ada hal yang lebih mengejutkan. ternyata rumah gw dapet daging dari 3 tempat yang berbeda. padahal gw ngerasa gw ga layak dapet tuh kambing. bukannya sombong, biarpun perekonomian gw agak sulit, tapi masih tergolong agak mampu lah., padahal gw pikir, masih banyak orang laen yg lebih buth daripada gw., contohnya orang2 yg gw temui tadi. makin kecewa gw.,

gw ambil tuh bungkusan yg tergeletak di atas meja, teriak dah ke nyokap.

"Ibu...tolong siapin bumbu sate ama panggangan dong, lumayan ne daging buat disate"

"Hati boleh idealis, perut tetep kapitalis"
(mengutip kata2 sohib gw, bimo)




20 Desember 2007
-gi2h_

Tidak ada komentar: